google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

DP2KBP3A Inhil Duta Genre Inhil Berkolaborasi Grand Final Pemilihan Duta Genre Provinsi Riau tahun 2024

Friday, June 28, 2024 | June 28, 2024 WIB Last Updated 2024-07-31T14:24:52Z

ARDnusanta.com, Inhil - Duta Genre Inhil ikut serta dalam kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Genre Provinsi Riau tahun 2024 di Hotel Grand Central Kota Pekanbaru, Sabtu (27/7/2024). Acara ini bersempena dengan kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas (ADUJAK) Genre tahun 2024.


"Pada kesempatan yang baik ini, atas nama kepala perwakilan BKKBN Provinsi Riau, kami mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, yang telah berkenan hadir untuk memberikan arahan dan membuka grand final pemilihan Duta Genre Riau tahun 2024," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia, Sabtu (27/7/2024).

Ia mengatakan sesuai dengan Amanah undang-undang nomor : 52 tahun 2009, tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, menyebutkan, bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, diantaranya dengan dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga, melalui pembinaan ketahanan keluarga remaja dan pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) dengan program genrenya, yang merupakan salah satu program dari BKKBN dalam menghadapi berbagai permasalahan-permasalahan remaja.

Apalagi dengan proporsi jumlah remaja yang cukup besar saat ini, tentu sangat berpengaruh tidak hanya bagi kelompok remaja sendiri namun bagi seluruh kelompok masyarakat, dan juga dalam rangka percepatan penurunan stunting dari hulu, yang mana peran remaja sangat menentukan sekali.

"Untuk itu dalam rangka mencari figur motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK remaja tersebut, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja, maka BKKBN Riau melaksanakan kegiatan pemilihan duta Genre Riau. Duta Genre yang terpilih diharapkan dapat menjadi figur yang terampil dan berkarakter, serta bertaqwa kepada tuhan dan juga akan mewakili Provinsi Riau dalam pemilihan duta genre tingkat nasional," cakapnya.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan pemilihan duta Genre Riau yang bersempena dengan kegiatan ADUJAK Genre tahun 2024 sudah dimulai sejak hari Kamis (25/7/2024) dan berakhir (28/7/20224).

"Pada semua rangkaian kegiatan sudah berlangsung penilaian untuk finalis duta Genre Riau tahun 2024, yang finalnya berlangsung malam ini. Dewan juri berjumlah 5 orang yang berasal dari kemenag, dinas kominfotik, DP3AP2KB, perwakilan BKKBN Provinsi Riau dan duta genre indonesia putri tahun 2022," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau drg. Sri Sardono Mulyanto dalam sambutannya saat membuka malam grand final pemilihan duta Genre Riau tahun 2024 menyampaikan Pemprov Riau menyambut baik dan mendukung sepenuhnya dengan dilaksanakannya kegiatan ini.

"Dengan harapan melalui pemilihan Duta Genre yang terpilih akan menjadi role model bagi remaja muda lainnya, sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidupnya untuk memberikan edukasi, konseling dan mencegah permasalahan yang dihadapi remaja saat ini," ujar drg. Sri Sardono Mulyanto.

Ia menjelaskan usia remaja adalah usia peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa ini mereka mengalami perubahan baik secara fisik, psikologis maupun sosial, sejalan perkembangannya remaja mulai bereksplorasi dengan diri, nilai-nilai dan juga perilakunya.

"Remaja saat ini hidup dalam keterbukaan berekspresi, kondisi memungkinkan munculnya beragam permasalah di kalangan remaja, terutama dengan masuknya berbagai pengaruh negatif. 

Untuk itu remaja Genre Indonesia diharapkan mampu menjadi generasi berencana yang mampu menjadi remaja berkarakter tangguh dan siap menghadapi masa depan dengan perencanaan kehidupan yang matang," harapnya.

"Melalui kegiatan ini saya harap akan muncul remaja tangguh yang dapat jadi contoh dan teladan dalam memotivasi remaja lainnya menjadi generasi berencana," pungkasnya, 

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DP2KBP3A Inhil Duta Genre Inhil Berkolaborasi Grand Final Pemilihan Duta Genre Provinsi Riau tahun 2024

Trending Now

Iklan