google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Pj Bupati Inhil H. Herman Turun Langsung Kelapangan Guna Memediasi Terkait Kebun Masyarakat Terserang Hama Kumbang

Thursday, June 20, 2024 | June 20, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T01:39:53Z

ARDnusantara.com, Pelangiran - Perkebunan kelapa milik Masyarakat Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terserang hama kumbang (Oryctes rhinoceros) yang diduga akibat adanya replanting / peremajaan tanaman sawit milik PT THIP. 

Menanggapi hal tersebut, Kamis 20 Juni 2024, Pemerintah Daerah yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Inhil H. Herman akhirnya turun langsung kelapangan guna memediasi. 

Turut mendampinginya, Asisten II Setdakab Inhil Junaidi Ismail yang juga selaku Ketua Tim Pengendalian Hama Kabupaten Inhil, Kadisbun Inhil Sutarna, Kepala Bapenda Inhil Fadillah dan Kabag Prokopim Inhil Ari Syuria Indragiri. 

Dari hasil mediasi yang dilakukan Pj Bupati Herman tersebut akhirnya menemui titik terang dengan disepakatinya kesepakatan bersama. 

Asisten II Junaidy Ismail mengatakan, pada hari Kamis tanggal 20 Juni tahun 2024 telah disepakati antara pihak PT THIP dan masyarakat Desa Tanjung Simpang sebagai berikut, pertama, Tim Proteksi dari Disbun akan memulai penghitungan pada hari Senin 24 Juni tahun 2024. 

Kedua, kesepakatan ganti rugi tanaman akan dibahas pihak PT THIP dan masyarakat Desa Tanjung Simpang yang selanjutnya akan di mediasi Pemkab Inhil terhitung 1 minggu dari tanggal hari ini. 

Sementara itu, Pj Bupati Herman mengatakan, memang ada perkebunan masyarakat terserang hama kumbang yang diindikasi karena adanya replanting, tapi dari hasil mediasi perusahaan punya niat baik untuk menyelesaikan itu, terang Pj 

"Kita akan turunkan tim untuk menelusuri, kalau kebun kelapa itu bisa untuk hidup lagi akan kita perbaiki. Selanjutnya bagi yang terdampak akan dihitung berapa konpensasi yang akan diberikan yang kini masih dalam tahap perundingan," tambahnya 

Kita tunggu pihak Perusahaan melaporkan kepada pihak manajemen sehingga angkanya bisa ketemu. Mudah-mudahan dalam waktu seminggu sudah ada gambaran. Kita harap inilah solusi yang terbaik, yang penting komunikasi jalan," ucap Herman. *

Redaksi



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Bupati Inhil H. Herman Turun Langsung Kelapangan Guna Memediasi Terkait Kebun Masyarakat Terserang Hama Kumbang

Trending Now

Iklan