google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

DP2KBP3A INHIL: BKKBN Provinsi Riau TP-PKK Kabupaten Inhil Gerakan Aksi Bergizi Dan Kosumsi Tablet Tambah Darah Untuk Remaja Putri

Monday, July 22, 2024 | July 22, 2024 WIB Last Updated 2024-08-04T12:46:49Z

ARDnusantara.com, INHIL, Gerakan Aksi Bergizi Kabupaten Indragiri Hilir di Taja Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Inhil serta BKKBN Provinsi Riau, di SMAN 1 Tembilahan Hulu, Senin (22/07/2024) pagi.

Turut hadir Dinkes Inhil, Disdik Inhil, perwakilan BKKBN Provinsi Riau, TP-PKK Kabupaten Inhil, Perwakilan dari Puskesmas Inhil, unsur Forkopimda, serta Instansi terkait, dan peserta dari siswi di SMA N 1 Tembilahan Hulu.

Gerakan Aksi Bergizi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah dalam membiasakan untuk mengkonsumsi tablet tambah darah, konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik. Untuk tablet tambah darah dikhususkan bagi remaja putri.

Dalam kegiatan ini siswi diminta untuk membawa bekal sendiri dari rumah dan air putih. Selain menanamkan kebiasaan makan makanan yang sehat, kegiatan ini juga memberikan pengetahuan tentang gizi yan baik sehingga menambah wawasan para siswa tentang makanan sehat.

Setelah makan selesai dilanjutkan dengan pemberian obat penembah darah yang dilakukan oleh pihak Puskesmas. Pemberian pil penambah darah ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan siswa terutama siswa putri sehingga terhindar dari berbegai efek yang ditimbulkan oleh anemia. 

Kepala BKKBN Provinsi Riau yang diwakili oleh Mardalena, mengatakan Pencegahan stunting bukan hanya dilakukan sejak lahir atau kelahiran. Tapi sebelum kelahiran juga harus ada upaya pencegahan. Ini pencegahan dari hulu,  remaja putri anak-anak sekolah yang harus mengetahui pola hidup sehat. Remaja putri harus minuma tambah darah untuk mengurangi risiko kurang darah.

Gerakan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya menjaga pola makan seimbang dan mengadopsi gaya hidup sehat. Dalam kegiatan ini akan melibatkan partisipasi aktif siswa-siswi di SMA N 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir dalam berbagai kegiatan, termasuk sesi sarapan bersama di mana mereka akan secara serentak mengonsumsi suplemen penambah darah setelah makan," jelasnya.

Adapun diharapkannya dari aksi bergizi ini yaitu dapat mencegah stunting dan menekan angka pertumbuhan stunting di Kabupaten Indragiri Hilir.

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DP2KBP3A INHIL: BKKBN Provinsi Riau TP-PKK Kabupaten Inhil Gerakan Aksi Bergizi Dan Kosumsi Tablet Tambah Darah Untuk Remaja Putri

Trending Now

Iklan