google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Komitmen Berikan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin

Wednesday, July 31, 2024 | July 31, 2024 WIB Last Updated 2024-08-03T17:36:29Z


ARDnusantara.com INHIL - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Pemkab Inhil) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil memberikan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin kepada semua ibu bersalin di wilayah Kabupaten Inhil dalam kurun waktu satu tahun.

Hal ini merupakan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan yang kedua adalah Setiap ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan sesuai standar.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 97 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, Serta Pelayanan Kesehatan Seksual. 

Pelayanan persalinan sesuai standar adalah persalinan yang dilakukan oleh Bidan dan atau Dokter dan atau Dokter Spesialis Kebidanan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan Pemerintah maupun Swasta yang memiliki Surat Tanda Register (STR) baik persalinan normal dan atau persalinan dengan komplikasi.

Ditilik dari fasilitas kesehatan untuk  melahirkan sesuai SPM ini yaitu meliputi Polindes, Poskesdes, Puskesmas, bidan praktek swasta/mandiri, klinik pratama, klinik utama, klinik bersalin, balai kesehatan ibu dan anak, dan rumah sakit pemerintah maupun swasta. Standar pelayanan persalinan normal mengikuti acuan asuhan persalinan normal yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 97 Tahun 2014. Adapun untuk persalinan dengan komplikasi mengikuti acuan dari Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Rujukan.

Langkah-langkah dalam Kegiatan penanganan Ibu Bersalin:

Pendataan ibu bersalin

Pelayanan persalinan

Pengisian dan pemanfaatan Buku KIA

Pencatatan dan pelaporan

Rujukan pertolongan persalinan jika diperlukan

Untuk memantau pelaksanaan SPM ini bisa dilakukan monitoring dan evaluasi melalui :

Sistem Informasi Puskesmas

Sistim Informasi Desa

Sistem Informasi Rumah Sakit

Sistem Informasi Kesehatan Daerah

Sumber daya manusia yang terlibat pada SPM ini adalah :

Keluarga

Kader

Bidan

Dokter/DLP

Dokter Spesialis


Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Komitmen Berikan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin

Trending Now

Iklan