google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Melalui UPT Puskesmas Tembilahan Kota Menggelar Pencanangan Pin Polio Serentak Pada Putaran Pertama di Pustu Pekan Arba

Tuesday, July 23, 2024 | July 23, 2024 WIB Last Updated 2024-08-04T09:46:28Z



ARDnusantara.com, TEMBILAHAN ; Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melalui UPT Puskesmas Tembilahan kota menggelar pencanangan Pin Polio serentak pada putaran pertama 23 Juli 2024 di Pustu (Puskesmas Pembantu) Jalan Pekan Arba, Kelurahan Pekan Arba Tembilahan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Camat Tembilahan Kota Hamsari, bersama TP-PKK Kecamatan Tembilahan, Kepala UPT Puskesmas Tembilahan kota Hj Rosdina, perwakilan dari Dinkes Kabupaten Inhil, Lurah Kelurahan Pekan Arba Dedi Diswanto.

Dalam kegiatan tersebut terlihat Kepala Puskesmas Tembilahan kota Hj Rosdina memberikan tetesan manis kepada anak usia 0 sampai dengan 7 tahun yang diikuti oleh Camat Tembilahan Kota didampingi ketua TP-PKK Kecamatan Tembilahan dan juga Lurah Pekanbaru Arba, memberikan tetesan manis kepada Balita itu.

Penyakit Polio menyebabkan kelumpuhan permanen, kecacatan seumur hidup atau kematian. Virus Polio masuk kedalam tubuh melalui mulut, lewat air atau makanan yang tercemar kotoran/tinja yang mengandung Virus Polio, virus akan berkembang biak dalam saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf dan dapat bertahan selama beberapa waktu dan menjadi sumber penularan.

Sejumlah 32 Provinsi atau 84% dari seluruh Provinsi yang ada dan 399 Kabupaten/Kota atau 78% dari seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi Polio. 

Anak yang belum mendapatkan Imunisasi Polio (4 kali Polio tetes dan 2 kali Polio suntik) lengkap, sangat rentan untuk terinfeksi Virus Polio. Oleh karena itu, perlu segera dilakukan upaya untuk menanggulangi KLB (Kejadi Luar Biasa) dan mencegah meluasnya penularan melalui pemberian tambahan tetes manis Polio secara massal yang disebut dengan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio adalah kegiatan pemberian Imunisasi tambahan tetes manis Polio kepada anak usia 0-7 Tahun, tanpa memandang status Imunisasi sebelumnya. 

PIN Polio di Kabupaten Indragiri Hilir dimulai pada tanggal 23 Juli sampai dengan 17 Agustus sebanyak dua (2) Putaran.

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Melalui UPT Puskesmas Tembilahan Kota Menggelar Pencanangan Pin Polio Serentak Pada Putaran Pertama di Pustu Pekan Arba

Trending Now

Iklan