google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Inhil Jadi Sorotan Jokowi, Ekonomi Hijau Kelapa Disebut Peluang Besar bagi RI

Author by Fitra Andriyan
Monday, July 22, 2024 | July 22, 2024 WIB Last Updated 2024-07-22T08:31:13Z

 

Presiden Jokowi saat Hadiri Konfrensi Cocotech ke-51 di Surabaya/Sumber Antara. 

ARDnusantara.com, SURABAYA, - Saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia dalam aspek komoditas kelapa, dengan daerah yang berpotensi paling besar memproduksi kelapa ialah Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Riau.

Terkait itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, potensi ekonomi hijau memberi peluang besar bagi Indonesia termasuk melalui pengembangan kelapa, juga kakao, vanili, kopi, lada, dan cengkeh.

“Ekonomi hijau merupakan peluang, merupakan potensi yang sangat besar bagi negara kita Indonesia,” katanya dalam Konferensi Cocotech Ke-51 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (22/7/24).

Selanjutnya Presiden Jokowi menuturkan, dari berbagai komoditas itu terdapat kelapa yang memiliki potensi sangat besar karena Indonesia memiliki lahan seluas 3,8 juta hektar dengan produksi mencapai 2,8 juta ton per tahun.

Inilah yang membuat Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia dalam aspek komoditas kelapa, dengan daerah yang berpotensi paling besar memproduksi kelapa ialah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Provinsi Riau.

“Ekspor kita juga bukan jumlah yang kecil yaitu 1,55 miliar dolar AS. Ini sebuah angka yang sangat besar dan bisa ditingkatkan lagi kalau kita serius,” katanya.

Langkah Serius Kembangkan Komoditas Kelapa

Karena itu, melalui potensi besar tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan agar Indonesia harus mengambil langkah serius untuk mengembangkan komoditas kelapa agar dapat memberi manfaat lebih bagi negara.

Disebut Jokowi, langkah keseriusan ini dapat diambil melalui dua aspek. Yakni menaikkan produksi komoditas kelapa serta melakukan hilirisasi agar memiliki nilai tambah.

“Saya mengajak komunitas kelapa internasional untuk bersinergi dalam rangka memajukan industri kelapa yang berkelanjutan,” ujar Presiden Jokowi.***


Source: BeritaPrioritas.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inhil Jadi Sorotan Jokowi, Ekonomi Hijau Kelapa Disebut Peluang Besar bagi RI

Trending Now

Iklan