google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Waspada Masalah Kesempatan Yang Timbul Disaat Lansia

Tuesday, August 13, 2024 | August 13, 2024 WIB Last Updated 2024-09-12T16:04:51Z


ARDnusantara.com, INHIL - Proses penuaan alami membawa sejumlah tantangan kesehatan yang perlu dipahami dan diatasi dengan baik, terutama di Kabupaten Indragiri Hilir.  Selasa (13/8/24).

Dalam upaya memberikan perhatian yang optimal kepada populasi lansia, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengidentifikasi beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai dan ditangani dengan serius.

1. Penyakit Kronis

Lansia rentan terhadap berbagai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan osteoartritis. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengedepankan program pencegahan dan manajemen penyakit kronis ini melalui kampanye gaya hidup sehat, pemeriksaan rutin, dan pengelolaan terintegrasi bersama tim medis.

2. Gangguan Kognitif

Masalah kesehatan lain yang sering dihadapi oleh lansia adalah gangguan kognitif, termasuk penyakit Alzheimer dan demensia. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menyediakan layanan evaluasi dan intervensi dini untuk mendeteksi gangguan ini lebih awal, serta memberikan dukungan psikologis dan sosial kepada pasien dan keluarga mereka.

3. Kecelakaan dan Cedera

Kecelakaan dan cedera sering kali meningkat pada lansia karena penurunan fisik dan koordinasi. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengadvokasi keselamatan lansia melalui kampanye kesadaran dan edukasi mengenai penggunaan alat bantu, perawatan lingkungan yang aman, dan pelatihan untuk mengurangi risiko jatuh.

4. Isolasi Sosial dan Kesejahteraan Mental

Isolasi sosial dan masalah kesejahteraan mental merupakan masalah serius yang sering dihadapi oleh lansia, terutama di komunitas pedesaan. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bekerja sama dengan lembaga sosial dan komunitas untuk mengurangi isolasi sosial dengan mengadakan kegiatan sosial, klub lansia, dan dukungan psikologis.

5. Pola Makan dan Gizi

Pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada lansia, termasuk obesitas, kekurangan gizi, dan defisiensi vitamin. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menyelenggarakan program edukasi tentang nutrisi yang tepat dan menggalakkan pilihan makanan sehat untuk mendukung kesehatan lansia.

6. Perawatan Medis yang Tidak Tepat

Kualitas perawatan medis yang tidak tepat atau kurangnya akses terhadap layanan kesehatan dapat mempengaruhi kesehatan lansia secara signifikan. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir terus meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kesehatan dengan menyediakan fasilitas yang ramah lansia dan pelatihan bagi tenaga kesehatan.

Menghadapi Tantangan dengan Solusi Terintegrasi

Dengan pemahaman yang mendalam mengenai masalah-masalah kesehatan yang dihadapi oleh lansia, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir memprioritaskan upaya pencegahan, deteksi dini, dan intervensi yang tepat guna. Kolaborasi yang erat dengan masyarakat dan berbagai pihak terkait menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas hidup lansia secara holistik. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan bahwa masalah-masalah kesehatan pada lansia dapat dikelola dengan efektif dan menghasilkan perubahan positif dalam komunitas. 

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Waspada Masalah Kesempatan Yang Timbul Disaat Lansia

Trending Now

Iklan