google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Pj Bupati Inhil Erisman Yahya; Even Pacu Jalur Tidak Hanya Kompetisi Tetapi Pelestarian Budaya

Wednesday, August 21, 2024 | August 21, 2024 WIB Last Updated 2024-08-22T01:36:35Z


ARDnusantara.com, KUANTAN SINGINGI – Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H. Erisman Yahya menyaksikan langsung pembukaan even wisata pacu jalur nasional di Lapangan Limuno Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Rabu (21/8) pagi.

Pembukaan even wisata nasional ini dibuka secara langsung yang ditandai dengan pemukulan gong oleh oleh Deputi Staf Ahli bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Restog Krisna Kusuma di saksikam oleh Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto dan Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby.

Pj Bupati Inhil ikut menyaksikan sejumlah rangkaian acara disajikan oleh panitia dalam acara pembukaan didampingi oleh Kadis Kominfops Kabupaten Inhil Trio Beni Putra serta beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Inhil lainnya.

Setelah menyaksikan acara pembukaan, Pj Bupati Inhil berjalan menuju tepian narosa untuk menyaksikan lomba lacu jalur serta defìle atau arak – arakkan sebanyak 225 jalur yang ikut berpartisipasi dalam even tersebut.

Unsur Forkominda Riau yang hadir dalam pembukaan juga ikut dalam arak-arakan Perahu Baganduang sebelum lomba pacu jalur dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

Tampak ikut dalam arak – arakkan yaitu, Kajati Riau Akmal Abbas, Wakapolda Riau Brigjen Polisi K Rahmadi, Sekda Riau SF Hariyanto,  Danlanal Dumai yang diwakili Letkol Laut (PM) Priatno, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Feri Yunaldi.

Pj Bupati Inhil Erisman Yahya menyampaikan rasa turut bangga dan apresiasi atas berjalan lancarnya acara pembukaan Pacu Jalur yang telah dinanti – nanti masyarakat.

Even ini sungguh luar biasa menarik penonton dari segala usia karena memang tradisi yang di jadikan kalender wisata tahunan,” ujar Erisman usai menyaksikan lomba pacu jalur hari pertama di Tepian Narosa.

Menurut Erisman, even tradisional yang telah tercatat dalam kalender wisata nasional ini memang sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dan provinsi Riau pada umumnya bahkan dari berbagai daerah.

“Even ini telah berlangsung lebih dari satu abad dan di event ini juga tidak hanya menawarkan kompetisi yang memacu adrenalin, tetapi juga menjadi sarana pelestarian budaya yang diwariskan oleh nenek moyang masyarakat Kuantan Singingi,” tuturnya.

Erisman berharap agar kedepan event ini akan lebih meriah lagi dari tahun-tahun sebelumnya karena memang memiliki potensi yang sangat luar biasa dan harus bisa dimanfaatkan untuk promosi daerah serta perekonomian masyarakat.

“Kalau bisa kita tidak lagi menggunakan anggaran daerah dan mulai melirik sponsor dari swasta agar even ini lebih hidup lagi dengan sentuhan yanb berbeda,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuansing Suhardiman Amby menerima dana bantuan even Pacu Jalur dari Sekda Riau SF Hariyanto.

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Bupati Inhil Erisman Yahya; Even Pacu Jalur Tidak Hanya Kompetisi Tetapi Pelestarian Budaya

Trending Now

Iklan