google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Perlunya Pencegahan Diabetes di Tingkat Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hilir

Thursday, September 26, 2024 | September 26, 2024 WIB Last Updated 2024-10-10T13:23:11Z

ARDnusantara.com, INHIL- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menegaskan perlunya pengoptimalan upaya pencegahan diabetes di tingkat Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir.

Pernyataan ini disampaikan menyusul peningkatan jumlah penderita diabetes tipe 2 yang tercatat dalam beberapa bulan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri, mengungkapkan bahwa diabetes mellitus, khususnya tipe 2, telah menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang signifikan.

“Kami mencatat peningkatan kasus diabetes yang memerlukan perhatian serius. Oleh karena itu, puskesmas harus memperkuat program pencegahan dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Rahmi Indrasuri menekankan pentingnya beberapa langkah kunci dalam pencegahan diabetes, seperti penyuluhan tentang pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, dan deteksi dini bagi mereka yang berisiko tinggi.

Dinas Kesehatan juga mendorong puskesmas untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk sektor swasta dan organisasi non-pemerintah, dalam rangka memperluas jangkauan program-program kesehatan.

Sebagai bagian dari strategi ini, puskesmas diharapkan untuk menyelenggarakan lebih banyak seminar, pemeriksaan kesehatan gratis, dan program-program komunitas yang fokus pada gaya hidup sehat.

Selain itu, diharapkan juga adanya peningkatan pelatihan bagi tenaga medis untuk memberikan informasi yang akurat dan dukungan kepada pasien diabetes.

Dengan langkah-langkah ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir berharap dapat menurunkan angka prevalensi diabetes dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut. 

Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perlunya Pencegahan Diabetes di Tingkat Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hilir

Trending Now

Iklan